Minggu, 30 September 2012

Welwitschia Mirabilis


foto
Welwitschia (Welwitschia mirabilis) adalah sebuah tanaman yang telah hidup dari jaman purba dan sekarang tumbuh di daerah yang kecil sepanjang wilayah pantai Samudra Atlantik di Namibia dan Angola Selatan. Welwitschia sebenarnya adalah sebuah pohon, walaupun sekilas tidak terlihat seperti pohon. Keseluruhan tanaman ini terdiri dari satu batang pendek dan ditumbuhi 2 daun – sehingga terlihat seperti pita keriting dengan ujung yang menjuntai dan tandus. Kadang-kadang Welwitschia terlihat seperti gundukan sampah!
foto
 Tanaman ini secara konstan berkecambah (meskipun sedang berada pada masa subur) – yang sangat tidak biasa untuk tanaman. Welwitschia merupakan spesies dari tumbuhan berumah dua (dioecious) dan karena itu dua tanaman (tanaman jantan dan betina) sangat diperlukan untuk pembentukan bibit. Bunga-bunganya berbentuk kerucut (seperti pada pohon pinus atau pakis haji) yang terletak pada aksil daunnya.
Kerucut betina akan hancur ketika matang untuk dapat melepas biji-bijinya yang bersayap dan mudah terbawa oleh angin.
Tanaman ini merupakan bagian dari divisio tanaman purba – Gnetophyta, yang memiliki hubungan sangat dekat dengan konifer (Pinophyta). Gnetophyta memiliki 3 genus dengan tampilan yang sangat berbeda satu sama lain: Melinjo (Gnetum) – liana dengan dedaunan berukuran besar, Ephedra – tanaman belukar dan termasuk juga Welwitschia.
Nama Welwitschia diperoleh dari ahli botani Friedrich Welwitsch yang menemukannya pada tahun 1860. Gambar Welwitschia ada di lambang Negara Namibia.
foto
Welwitschia secara sempurna beradaptasi dengan kondisi ekstrim padang pasir. Tanaman ini tidak bergantung sepenuhnya pada hujan dan memperoleh cukup air dari awan kabut dari laut. Fakta ini harus diingat ketika Anda menanam Welwitschia. Alasan utama kegagalan budidaya Welwitschia adalah pemberian terlalu banyak air sehingga menyebabkan busuknya tanaman ini. Maka itu bibit tanaman ini perlu ditebarkan di substrat berpasir-berkerikil (diameter butir-butirnya harus berkisar 2–5 mm) karena terlalu banyak menyimpan air akan menjadi kendala pertumbuhan. Welwitschia perlu disiram dengan perhatian lebih – dan bahkan lebih baik untuk membasahinya dengan lembut. Bijinya akan berkecambah dalam waktu seminggu. Tanaman ini juga dapat ditanami di rangka jendela menghadap arah selatan. Ketika menanam Welwitschia, Anda perlu sangat bersabar karena tanaman ini tumbuh sangat lambat – tanaman ini adalah dinosaurus asli. Jika diberi cahaya matahari yang cukup serta tidak terlalu banyak air, tanaman ini pasti akan hidup lebih lama daripada Anda!

1 komentar: